Kenapa Malam Jumat Dianggap Keramat, Angker dan Seram?

Assalamualaikum sobat Hafizi Azmi. Pada artikel ini saya akan membahas tentang kenapa malam jumat dianggap keramat, angker dan seram? Banyak kepercayaan yang telah beredar di kalangan masyarakat seputar malam Jumat.

Bahwa rahasia malam Jumat sangat dekat hubungannya dengan hal yang berbau gaib. Masyarakat Jawa terdahulu percaya bahwa malam Jumat adalah hari yang keramat terlebih lagi Jumat Kliwon. Sehingga banyak acara sakral yang dilakukan pada malam Jumat.

Banyak tempat-tempat yang dipercaya angker karena keberadaan makhluk gaib seperti genderuwo, kuntilanak atau jin. Sehingga masyarakat sekitar selalu melakukan ritual untuk meminimalisir gangguan dari makhluk tersebut. Ritual seperti ini sering dilakukan pada malam yang dianggap keramat yaitu Jumat. Lalu apa alasan mengapa malam Jumat dianggap keramat?

Kenapa Malam Jumat Dianggap Keramat, Ini Penjelasanya

Alasan malam Jumat dianggap keramat karena pada malam itu diyakini sebagai malam keluarnya semua makhluk gaib. Di masyarakat barat khususnya Inggris dan Amerika menganggap Friday the thirteen atau Jumat ke 13.

Berarti bahwa hari Jumat tanggal 13 di bulan apapun merupakan hari yang membawa sial. Kalau angka 13 disebut sial mungkin kita sudah biasa mendengarnya tapi kalau dihubungkan dengan malam jumat mungkin banyak dari kita yang baru mendengarnya.

Malam jumat dianggap keramat

Ada juga sebagian orang yang percaya bahwa Nabi Adam dan Hawa memakan buah terlarang pada hari Jumat dan banjir besar pada zaman Nabi Nuh terjadi pada hari Jumat.

Pada abad pertengahan baik hari Jumat maupun tanggal 13 dianggap sebagai pembawa nasib buruk. Sedangkan pada zaman modern tahayul ini meresap semakin dalam di masyarakat.

Hasil penelitian dari seorang psychotherapy bidang fobia yang sangat mengejutkan. Di Amerika saja lebih dari 21 juta orang mengidap penyakit phobia terhadap hari Jumat tanggal 13.

Istilah untuk suatu rasa takut akan hari Jumat tanggal 13. Bahkan berdasarkan sebuah laporan dari sebuah institusi yang bergerak di bidang pengkajian manajemen stress dan fobia di Amerika Serikat bahwa setiap hari Jumat tanggal 13 kinerja ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800 sampai dengan 900 juta dolar Amerika.

Mitos Jumat tanggal 13 semakin mengakar dengan terbitnya buku buku seputar hari Jumat tanggal 13. Kepercayaan masyarakat bagian barat  semakin diperkuat dengan beberapa peristiwa naas yang secara kebetulan terjadi pada hari Jumat tanggal 13. Misalnya ada sebuah kapal buatan Inggris yang diberi nama proyektor still melakukan perjalanan perdananya pada Jumat tanggal 13 kapal tersebut berlayar namun tak pernah kembali. Dan lain sebagainya.

Menurut ahli numerologi atau ilmu angka pangkat 13 mengandung sial. Karena posisinya berada setelah 12. Sedangkan angka 12 dianggap sebagai angka komplit. Angka 12 dapat ditemukan pada 12 bulan dalam setahun, 12 zodiak, 12 Dewa olimpus ,12 tugas Hercules 12 suku Israel, 12 murid yesus, 12 hari natal dan 12 butir telur dalam satu lusin.

Baca juga : Amalan di Hari Jumat Yang Memiliki Pahala Besar

Tentu semua itu berbeda sama sekali dengan kaum Muslim. Hari Jumat adalah hari raya mingguan bagi kaum muslim yang penuh dengan berkah. Banyak amalan yang dianjurkan didalamnya. Memang ada larangan untuk bepergian pada hari Jum’at bagi kaum muslim. Tetapi tidak ada hubungannya dengan kesialan. Sebaliknya, larangan itu adalah untuk menghormati orang yang sholat Jumat.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai kenapa malam jumat dianggap keramat, angker dan seram. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.