10 Cara Menenangkan Bayi Menangis Menurut Islam, Mudah & Ampuh

Pengetahuan dalam menenangkan bayi yang menangis bisa menjadi suatu ilmu yang penting untuk para orang tua pahami. Sebab, menangis adalah salah satu hal yang sangat sering bayi lakukan, terutama jika ia baru saja lahir.

Tidak jarang, banyak juga bayi yang menangis dalam waktu yang lama bahkan cenderung sulit untuk ditenangkan. Tentu hal ini akan membuat khawatir sekaligus lelah. Apalagi jika si kecil tidak berhenti menangis di malam hari.

Oleh karena itu, sejumlah cara menenangkan bayi menangis menurut Islam berikut ini bisa jadi tips yang bermanfaat untuk Anda simak. Inilah uraian lengkap mengenai cara-cara tersebut.

Cara Menenangkan Bayi Menangis Menurut Islam

Tidak hanya berbekal ilmu parenting dari dokter atau bidan, bagi umat Islam pun ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan jika si kecil tidak berhenti menangis. Berikut adalah berbagai cara menenangkan bayi menangis menurut Islam: 

1. Doa agar Bayi Tidak Rewel

Pertama, Anda bisa coba membacakan doa agar si kecil lebih tenang dan berhenti menangis. Doa ini terdapat pada laman NU Online dan bisa Anda praktekkan di rumah, dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar, (Surabaya: Kharisma, 1998), hal. 302. Berikut adalah doa agar si kecil tidak rewel: 

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ    السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ  

“Bismillâhirrahmânirrahîm. Bismillâhilladzî lâ yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa lâ fis samâ`i wa huwas sami’ul ‘alim.”

Artinya: “Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apa pun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Anda bisa membacakan doa tersebut ketika si kecil menangis dan cenderung rewel tidak bisa ditenangkan. Coba baca doa tersebut sebanyak 3 (tiga) kali sembari coba menenangkan si kecil. Ia pun akan berangsur tenang dan tidak menangis lagi.

2. Membaca Surat Ali-Imron Ayat 20

Membacakan surat Ali-Imron Ayat 20 juga menjadi salah satu cara menenangkan bayi menangis menurut Islam. Dengan membaca surat ini, hati si kecil akan lebih lembut dan tenang sehingga ia berhenti menangis. 

Inilah bacaan dari surat tersebut: 

فَإِنْ حَآجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِىَ لِلَّهِ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِ ۗ وَقُل لِّلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْأُمِّيِّۦنَ ءَأَسْلَمْتُمْ ۚ فَإِنْ أَسْلَمُوا۟ فَقَدِ ٱهْتَدَوا۟ ۖ وَّإِن تَوَلَّوْا۟ فَإِنَّمَا عَلَيْكَ ٱلْبَلَٰغُ ۗ وَٱللَّهُ بَصِيرٌۢ بِٱلْعِبَادِ

“Fa in ḥājjụka fa qul aslamtu waj-hiya lillāhi wa manittaba’an, wa qul lillażīna ụtul-kitāba wal-ummiyyīna a aslamtum, fa in aslamụ fa qadihtadau, wa in tawallau fa innamā ‘alaikal-balāg, wallāhu baṣīrum bil-‘ibād.”

Artinya: “Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku”. 

Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al-Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: “Apakah kamu (mau) masuk Islam”.

Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”

3. Membacakan Ayat Kursi 

Cara lain untuk menenangkan bayi tiba-tiba menangis saat tidur menurut Islam adalah dengan membacakan Ayat Kursi. Tujuannya adalah agar si kecil merasa lebih tenang dan bisa berhenti menangis. 

Selain itu, membacakan Ayat Kursi juga bisa membuat anak jadi tidur dengan lebih tenang dan lelap. Inilah bacaan Ayat Kursi yang bisa Anda bacakan untuk buah hati: 

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

“Allohu laa ilaaha illaa Huwal Hayyul Qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa nauum, la Huu maa fis samawaati wa maa fil ardh, mann dzalladzii yasyfa’u ‘inda Huu, illa bi idznih, ya’lamu maa bayna aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiituuna bisyayim min ‘ilmi Hii illaa bi maa syaa’, wa si’a kursiyyuus samaawaati walardh, wa laa yauudlu Huu hifdzuhumaa, wa Huwal ‘aliyyul ‘adziiim”

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah: 255).

4. Berikan Pelukan untuk Anak 

Tidak hanya membaca doa, cara menenangkan bayi menangis menurut Islam lainnya adalah dengan memberi pelukan hangat. Salah satu hal yang mungkin bisa membuat si kecil menangis adalah karena adanya gangguan jin dan setan.

Nah, agar mereka merasa lebih tenang dan rileks, Anda bisa memberikan sebuah pelukan dan belaian yang hangat. Dengan begitu, anak pun akan merasa lebih aman dan tangisannya pun akan berhenti. 

5. Berikan Asi 

Kemudian, Anda pun bisa coba menenangkan bayi yang menangis dengan memberikan ASI. Islam sendiri mengajarkan untuk memberi ASI pada anak agar mendapatkan nutrisi yang maksimal dalam pertumbuhannya.

Bisa jadi mereka menangis di malam hari karena merasa lapar atau haus. Oleh karena itu, ASI bisa menjadi cara yang tepat agar si kecil kembali tenang dan tertidur lelap. 

6. Memutarkan Murottal  

Memutarkan lantunan murottal juga bisa menjadi salah satu cara menenangkan bayi menangis menurut Islam. Suara lantunan ayat Al Qur’an yang indah bisa membuat bayi tenang dan merasa rileks, sehingga mereka pun tidak lagi rewel dan menangis.

Selain untuk bayi, Anda sebagai orang tua pun bisa sekaligus mendapatkan ketenangan jiwa. Alhasil Anda pun bisa tetap tenang dan berpikir dingin ketika menghadapi si kecil yang sedang rewel.

7. Bacakan Surat At-Takwir Ayat 20 

Tidak hanya Ayat Kursi dan surat Ali-Imron Ayat 20, surat Al-Qur’an untuk menenangkan bayi menangis lainnya adalah At-Takwir Ayat 20. Inilah ayat yang bisa Anda bacakan untuk buah hati: 

ذِى قُوَّةٍ عِندَ ذِى ٱلْعَرْشِ مَكِينٍ

“Zī quwwatin ‘inda żil-‘arsyi makīn.”

Artinya: “Yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy.”

8. Gendong Hingga Tenang 

Cara lain yang bisa Anda lakukan ketika anak rewel dan menangis tiada henti adalah menggendongnya. Dengan cara ini, Anda bisa mendekap buah hati dengan jauh lebih maksimal untuk memberikan ketenangan dan rasa aman. 

Tidak hanya itu, cara ini pun sangat baik untuk membentuk kontak batin dengan buah hati. Sembari menggendong, Anda bisa mengucapkan beberapa kalimat sayang untuk menenangkannya. 

9. Membacakan Surat Al-Buruuj Ayat 20 sampai 22 

Doa agar anak berhenti menangis lainnya yang bisa Anda lafalkan adalah surat Al-Buruuj ayat 20 sampai dengan 22. Inilah ucapan ayat yang bisa Anda lafalkan: 

وَاللَّهُ مِنْ وَرَائِهِمْ مُحِيطٌ. بَلْ هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ. فِي لَوْحٍ مَحْفُوظٍ

Waallaahu min waraa-ihim muhiithun. Bal huwa qur-aanun majiidun. Fii lawhin mahfuuzhin.”

Artinya: “Padahal Allah mengepung mereka dari belakang mereka. Bahkan yang didustakan mereka itu ialah Al Quran yang mulia. Yang (tersimpan) dalam Lauh Mahfuzh.”

10. Tunjukkan Kelembutan dan Ajak Si Kecil Bermain

Cara menenangkan bayi menangis menurut Islam yang terakhir adalah dengan mengajaknya bermain. Tujuannya adalah untuk membuat si kecil merasa lebih tenang dan terhibur karena permainan tersebut. 

Sembari bermain, Anda juga bisa menunjukkan kelembutan sebagai orang tua. Maksud dari kelembutan ini adalah mencoba menenangkan si kecil dengan suara yang rendah dan tidak emosi. Dengan Begitu, anak tidak akan takut pada Anda.

Penyebab Bayi Menangis 

Tidak hanya tahu bagaimana cara menenangkan bayi menangis menurut Islam, sebaiknya pahami juga apa saja hal yang membuat mereka rewel dan menangis. Bayi sendiri bisa menangis karena banyak hal. 

Mulai dari karena merasa lapar, merasa bosan, merasa takut, gangguan jin atau setan, dan lain sebagainya. Dengan memahami penyebab itu, Anda bisa menemukan solusi terbaik agar si kecil tidak lagi menangis dan rewel. 

Itulah beberapa cara menenangkan bayi menangis menurut Islam yang bisa Anda lakukan di rumah. Pada dasarnya, si kecil bisa menangis dan rewel karena banyak hal. Bahkan terkadang bisa menangis dalam waktu yang lama dan membuat lelah.Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak  cara menenangkan bayi menangis menurut Islam yang bisa dilakukan. Dengan cara yang tepat, bayi pun bisa kembali merasa tenang, aman, dan pada akhirnya kembali tertidur lelap.

Hanya orang biasa yang mencoba untuk menyebarkan ilmu Agama Islam sesuai sumber terpercaya yaitu Al-Quran dan Hadis.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.